Minggu, 27 Oktober 2024

Latihan mas jepang kls XI SMAN 11

 1.Jelaskan bagaimana proses masuknya Jepang ke Indonesia!

JAWAB :

– pada 1941, Blok Fasis (Jepang) berhasil membalikkan keadaan di Perang Dunia II setelah mengebom pangkalan militer milik Blok Sekutu (Amerika Serikat) di Pearl Harbor, Hawaii.
– karena serangan yang tak diduga tersebut, pihak-pihak yang terlibat dalan PD II terpaksa harus mundur dan menyerahkan beberapa koloninya, termasuk Belanda yang ketika itu menduduki Indonesia.
– Jepang mulai memasuki Indonesia saat tahun 1942 awal melalui Tarakan, Kalimantan. Belanda yang mengetahui hal tersebut mulai terancam posisinya.
– Puncaknya, secara resmi pada 8 Maret 1942 Belanda akhirnya menyerah kepada Jepang dalam perjanjian Kalijati yang dilaksanakan di Subang, Jawa Barat.

2.). Apa yang dilakukan Jepang untuk menarik simpati masyarakat Indonesia? Sertakan pula contoh kebijakan-kebijakan tersebut!

JAWAB :

– berbeda dengan bangsa Eropa yang masuk ke Indonesia dengan dalih untuk berdagang, Jepang memikat hati rakyat dengan melakukan banyak propaganda.
– propaganda yang paling terkenal adalah dengan mengatakan Hakko Ichiu, yang berarti saudara tua, serta Gerakan 3A (Nippon pelindung, pemimpin, dan cahaya Asia)
– adapun kebijakan-kebijakan yang dilakukan untuk ‘mempertegas’ niatan Jepang yakni antara lain dengan mengizinkan penggunaan bahasa Indonesia serta pengibaran bendera merah putih dan menjanjikan kemerdekaan untuk Indonesia


3). Pendudukan Jepang selama kurang lebih 3,5 tahun menimbulkan dampak terhadap keadaan Indonesia saat itu, baik dalam hal positif maupun negatif. Sebutkanlah masing-masing 3 (tiga) dampak dari masa pendudukan Jepang!

JAWAB :

– dampak positif :

  1. struktur pemerintahan (wilayah) menjadi sangat rapi dan detail, yakni dengan dibentuk sampai terkecil, yaitu RT dan RW di masyarakat
  2. Mendapat pendidikan atau pelatihan militer
  3. Pembangunan infrastruktur, terutama dalam bidang transportasi (jalur kereta api)
  4. Penerapan sikap disiplin kepada pemuda melalui upacara dan gotong royong.

– dampak negatif =

  • adanya romusha (kerja paksa di masa Jepang)
  • perbudakan seks (jugun ianfu)
  • kemiskinan dan kelaparan
  • wabah penyakit yang merajarela
  • Penghapusan organisasi-organisasi politik yang bukan berasal dari bentukan Jepang.

4). Mengapa golongan muda sangat bersikeras untuk segera memproklamirkan kemerdekaan Indonesia? Kaitkan pula dengan terjadinya peristiwa Rengadengklok!

JAWAB :

  • karena golongan muda sudah mendengar berita kekalahan Jepang. Mereka menganggap ini saat yang tepat untuk indonesia. Jika tidak segera, golongan muda khawatir akan ada pertumpahan darah ataupun kedatangan Sekutu.
  • di sisi lain, golongan tua tidak ingin terburu-buru. Mereka ingin proklamasi tetap berjalan sesuai dengan janji Jepang, yaitu 24 Augustus 1945. Golongan tua juga perlu berunding dengan PPKI terlebih dulu.
  • menyadari bahwa golongan tua, terutama Soekarno-Hatta tetap berpegang pada pendiriannya, golongan muda ‘menculik’ keduanya ke Rengadengklok. Mereka terpaksa melakukan hal tersebut karena perbedaan pendapat ini tidak memberikan hasil. Golongan muda bersikeras proklamasi harus segera dilakukan. Hal ini juga sebagai pembuktian bahwa Indonesia bisa merdeka atas usaha sendiri, bukan pemberian Jepang.
  • Ahmad Subarjo yang mengetahui peristiwa tersebut berusaha menjemput kembali Soekarno-Hatta pulang ke Jakarta. Perdebatan terjadi cukup alot, antara Sutan Sjahrir sebagai wakil golongan muda, dengan Ahmad Subarjo. Sjahrir bersikeras alasan mereka membawa Soekarno-Hatta agar mereka terhindar dari pengaruh Jepang. Disisi lain, Subarjo menjanjikan bahwa jika golongan muda bersedia memulangkan Soekarno-Hatta, sesampainya di Jakarta, akan segera membahas proklamasi.

5). Tuliskan isi teks proklamasi kemerdekaan Indonesia!

JAWAB :

Proklamasi

Kami bangsa Indonesia dengan ini menyatakan kemerdekaan Indonesia.

Hal-hal yang mengenai pemindahan kekuasaan, dll diselenggarakan dengan cara seksama dan dalam tempo yang sesingkat-singkatnya.

Jakarta, 17 Agustus 1945

Atas nama bangsa Indonesia,

Soekarno-Hatta

16 komentar:

  1. itamar siregar xi. 3

    BalasHapus
  2. Alexander XI.3 hadir bu

    BalasHapus
  3. Tiurma XI.3 Hadir buk

    BalasHapus
  4. Rangga Candra Pratama XI3
    Hadir bu

    BalasHapus
  5. M. Hamsyah try Aditya XI.5
    Hadir bu

    BalasHapus
  6. Chintya pratiwi
    Xl.3
    Hadir bu🙋🏼‍♀️

    BalasHapus
  7. Jesika anggraini
    Xl.3
    Hadir buk

    BalasHapus
  8. Olipia margareth s
    XI.3
    HADIR BUKKK CANTIKK🤗

    BalasHapus
  9. Habib Nurkhairi XI.3
    Hadir buk

    BalasHapus
  10. Rayyan Adhi Nugroho
    XI.3
    Hadir Buk

    BalasHapus
  11. Rafael Christian
    XI.3
    Hadir Buk ☝

    BalasHapus
  12. Matheus sande tua sitompul
    XI.5
    Hadir buk

    BalasHapus
  13. Arifa Wahdanis
    XI.3
    Hadir buk

    BalasHapus
  14. Arifa Ramadhani
    XI.3
    Hadir buk

    BalasHapus
  15. Syafira Putri Nadillah
    XI.3
    Hadir Buk

    BalasHapus
  16. Karina Amorta Rasya
    XI.3
    Hadir Buk

    BalasHapus

Latihan soal semester ganjil kelas XI

  1. Pada tahun 1511, Portugis berhasil menaklukkan Malaka. Meskipun demikian, Portugis tidak bisa sepenuhnya menguasai perdagangan di Asia ...