1. Kehadiran Jepang di Indonesia mengakibatkan pemerintah kolonial Belanda terpaksa menyerahkan diri tanpa syarat kepada pasukan Jepang di Indonesia. Peristiwa ini terjadi di Kalijati, Subang, Jawa Barat pada ...
A. 8 Januari 1942
B. 8 Februari 1942
C. 8 Maret 1942
D. 8 April 1942
E. 8 Mei 1942
Jawaban: C. 8 Maret 1942
2. Jargon politik yang dikenal sebagai "Nippon Cahaya Asia, Nippon Pemimpin Asia, dan Nippon Pelindung Asia" terkait dengan organisasi propaganda yang disebut sebagai ...
A. Gerakan Tiga N
B. Gerakan Tiga A
C. Asia Hokokai
D. Asia Raya
E. Putera
Jawaban: B. Gerakan Tiga A
3. Pendudukan Jepang di Indonesia menyebabkan penderitaan bagi rakyat karena Jepang melakukan eksploitasi di bidang ekonomi dan sosial. Pada bulan Maret 1943, pemerintah Jepang membentuk Pusat Tenaga Rakyat (Putera) yang dipimpin oleh empat tokoh terkemuka, yakni Ir. Soekarno, Hatta, Mas Mansyur, dan Ki Hajar Dewantara. Melalui Putera, para pemimpin Indonesia bisa berinteraksi langsung dengan rakyat melalui pertemuan dan media massa yang dikuasai oleh Jepang. Organisasi Putera kemudian dimanfaatkan oleh pemimpin Indonesia dalam perjuangan bangsa karena...
A. Memikat perhatian warga Indonesia untuk mendukung pasukan Jepang dalam perang di Asia Timur Raya.
B. Menggalang semangat nasionalisme serta meningkatkan kepercayaan diri dan martabat bangsa.
C. Menyatukan masyarakat Jawa dalam menghadapi serangan sekutu dalam perang Asia Timur Raya.
D. Merayu kelompok nasionalis sekuler dan intelektual agar turut serta dalam perlawanan terhadap Jepang.
E. Menggerakkan rakyat Indonesia untuk mendukung perang Jepang melawan sekutu.
Jawaban: D. Merayu kelompok nasionalis sekuler dan intelektual agar turut serta dalam perlawanan terhadap Jepang.
4. Saat menguasai Indonesia, Jepang menerapkan sistem autarki, yang berarti sistem ekonomi...
A. Di mana setiap daerah mencukupi kebutuhan perang
B. Kerakyatan
C. Kerja paksa
D. Sosialis
E. Otoriter
Jawaban: A. Di mana setiap daerah mencukupi kebutuhan perang
5. Pendudukan Jepang di Indonesia memberikan dampak di bidang politik, antara lain...
A. Mempertahankan sistem pemerintahan yang sudah ada pada masa Hindia Belanda
B. Membebaskan pembentukan organisasi pergerakan nasional
C. Melarang seluruh rapat dan kegiatan politik
D. Melarang penggunaan bahasa Indonesia
E. Pengerahan tenaga rakyat untuk kepentingan Jepang menghadapi perang dunia kedua
Jawaban: C. melarang seluruh rapat dan kegiatan politik
6. Selain dampak negatif, ada beberapa dampak positif yang dirasakan Indonesia dengan pendudukan Jepang antara lain....
A. Indonesia lebih maju dalam bidang pertanian dan pendidikan
B. Ekonomi Indonesia mengalami peningkatan, terutama bidang perkebunan
C. Dasar-dasar militer yang diberikan Jepang menjadi cikal bakal terbentuknya TNI
D. Sistem autarki dalam bidang ekonomi menjadikan Indonesia berswasembada
E. Para penguasa dan pemerintahan mengenal sistem uang untuk pertama kalinya
Jawaban: C. dasar-dasar militer yang diberikan Jepang menjadi cikal bakal terbentuknya TNI
7. Langkah awal yang dilakukan oleh Jepang untuk menguasai Asia adalah...
A. Menyerang pangkalan militer Amerika Serikat di Pearl Harbour
B. Merebut kekuasaan di Indonesia dari tangan Belanda
C. Menyerang pusat militer di Amerika Serikat
D. Merebut Cina dari tangan Inggris
E. Menguasai wilayah Hongkong
Jawaban: A. menyerang pangkalan militer Amerika Serikat di Pearl Harbour
8. Tujuan pokok pembentukan Jawa Hokokai pada tahun 1944 pada masa pendudukan Jepang
adalah...
A. Membentuk kekuatan militer di kalangan masyarakat Jawa, persiapan Indonesia merdeka
B. Membentuk pasukan berani mati di Jawa, untuk kepentingan pemerintahan Indonesia
C. Menggalang dukungan rakyat untuk berbakti dan rela berkorban demi perang Jepang
D. Menggalang dukungan untuk mewujudkan dan mendukung perjuangan Gerakan Tiga A
E. Mendukung kepentingan ekonomi Jepang melalui pembentukan organisasi
Jawaban: C. menggalang dukungan rakyat untuk berbakti dan rela berkorban demi perang Jepang
9. Tanaman yang wajib ditanam oleh masyarakat Indonesia, khususnya di Jawa pada masa pendudukan Jepang adalah...
A. Jarak dan kapas
B. Tembakau dan kapas
C. Kapas dan padi
D. Cengkih dan padi
E. Padi dan cengkih
Jawaban: A. Jarak dan kapas
10. Saat datang menguasai Indonesia, jumlah tentara Jepang sebenarnya lebih sedikit. Namun mengapa mereka dapat menguasai Indonesia?
A. Jepang memiliki sistem pemerintahan yang baik.
B. Jepang mempunyai organisasi tentara yang solid.
C. Jepang sudah terbiasa mengelola daerah kepulauan.
D. Jepang memanfaatkan penguasa lokal untuk membantu.
E. Bangsa Indonesia mudah diatur dan dikuasai.
Jawaban: D. Jepang memanfaatkan penguasa lokal untuk membantu.
11. Setelah peristiwa Rengasdengklok, Soekarno-Hatta bertemu dengan Nishimura yang menjabat sebagai kepala Urusan Umum Pemerintahan Jepang di Indonesia. Pertemuan tersebut bertujuan....
A. Mendorong pemerintah militer Jepang meringkus gerakan bawah tanah
B. Meminta masukan Jepang mengenai naskah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia
C. Mencegah keterlibatan Jepang dalam proses persiapan kemerdekaan Indonesia
D. Meminta pasukan keamanan Jepang dalam rapat-rapat PPKI
E. Menjajaki sikap Jepang terhadap rencana persiapan kemerdekaan Indonesia
Jawaban: E. Menjajaki sikap Jepang terhadap rencana persiapan kemerdekaan Indonesia
12. Janji kemerdekaan atas wilayah jajahan termasuk Indonesia disampaikan PM Koiso di depan parlemen Jepang pada tanggal 7 September 1944. Keluarnya janji kemerdekaan Jepang bertujuan untuk...
A. Menarik simpati rakyat jajahan agar mendukung Jepang
B. Melakukan dekolonisasi pasca Perang Pasifik
C. Mencegah jatuhnya wilayah jajahan Jepang ke tangan Sekutu
D. Mempersiapkan pembentukan pemerintahan bagi Indonesia
E. Mengakhiri keterlibatan Jepang dalam Perang Pasifik
Jawaban: A. Menarik simpati rakyat jajahan agar mendukung Jepang
13. Sejak mahasiswa, tokoh ini aktif dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia melalui beberapa organisasi seperti Jong Java dan Persatuan Mahasiswa Indonesia di Belkalian. Dia juga berperan dalam membawa Soekarno dan Hatta dari Rengasdengklok serta turut menyusun naskah Proklamasi. Tokoh yang dimaksud adalah ...
A. Mohammad Yamin
B. Mohammad Hatta
C. Soekarno
D. Sutan Sjahrir
E. Achmad Soebardjo
Jawaban: E. Achmad Soebardjo
14. Pemikiran-pemikiran beliau memberi sumbangsih besar terhadap Indonesia. Beliau tergabung dalam BPUPKI dan dikenal sebagai salah satu dari 3 tokoh yang mengusulkan dasar negara Indonesia. Tokoh yang dimaksud adalah ...
A. Mohammad Yamin
B. Mohammad Hatta
C. Soekarno
D. Sutan Sjahrir
E. Suwardi Suryaningrat
Jawaban: A. Mohammad Yamin
15. Setelah kembali dari Rengasdengklok, Sukarno dan Hatta berusaha menemui Jenderal Nishimura untuk menyampaikan rencana proklamasi kemerdekaan Indonesia. Bagaimana reaksi Nishimura pada saat itu?
a. Mendukung secara penuh rencana proklamasi kemerdekaan Indonesia.
b. Melarang secara tegas Soekarno dan Hatta memproklamasikan kemerdekaan.
c. Menghalang-halangi rencana proklamasi kemerdekaan bangsa Indonesia.
d. Menolak menemui Soekarno dan Hatta karena Jepang sudah kalah perang.
e. Tidak secara tegas mendukung atau menolak rencana proklamasi kemerdekaan.
Jawaban: E. Tidak secara tegas mendukung atau menolak rencana proklamasi kemerdekaan.
16. Berita proklamasi kemerdekaan Indonesia sempat disiarkan oleh radio di Surabaya dengan menggunakan bahasa Madura. Alasan mereka melakukan hal ini adalah ....
A. Karena semua penduduk Surabaya berbahasa Madura.
B. Karena bahasa Madura mudah dimengerti masyarakat.
C. Untuk menghindari sensor dari pihak Jepang.
D. Untuk mempercepat penyebaran berita.
E. Agar berita tersebar hingga ke Pulau Madura.
Jawaban: C. Untuk menghindari sensor dari pihak Jepang.
17. Apa tanggapan Jepang terhadap proklamasi kemerdekaan Indonesia?
A. Mereka segera mengakui kemerdekaan Indonesia.
B. Mereka menolak mengakui kemerdekaan Indonesia.
C. Mereka memberikan dukungan penuh terhadap kemerdekaan Indonesia.
D. Mereka mengizinkan Indonesia merdeka dengan syarat tertentu.
E. Mereka tidak mempedulikan proklamasi kemerdekaan Indonesia.
Jawaban: B. Mereka menolak mengakui kemerdekaan Indonesia.
18. Siapakah tokoh yang menjadi pembaca teks proklamasi kemerdekaan Indonesia?
A. Mohammad Hatta
B. Sutan Sjahrir
C. Soekarno
D. Mohammad Yamin
E. Ahmad Subardjo
Jawaban: C. Soekarno
19. Salah satu wartawan kantor berita Domei yang menyerahkan teks proklamasi untuk disiarkan dan disebarluaskan ke seluruh dunia, adalah ...
A. Wikana
B. Sukarni
C. Syahrir
D. Ahmad Subardjo
E. Syahruddin
Jawaban: E. Syahruddin
20. Salah satu peran besar yang dilakukan pers atau para jurnalis dalam peristiwa Proklamasi Kemerdekaan Indonesia, antara lain ...
A. Memastikan berita proklamasi menyebar di sekitar pegangsaan Timur saja.
B. Berusaha menggunakan kantor berita Jepang Domei untuk menyebarkan berita proklamasi.
C. Mencegah berita proklamasi menyebar ke seluruh wilayah RI
D. Berusaha memastikan berita proklamasi tersampaikan ke seluruh Jakarta
E. Memastikan berita proklamasi menyebar ke seluruh Indonesia dan luar negeri.
Jawaban: E. memastikan berita proklamasi menyebar ke seluruh Indonesia dan luar negeri.
Fatresia Cahyani
BalasHapusXI.I
NAMA : Yohana mahdalena. S
BalasHapusKelas : Xl.1
Tiara Harianja
BalasHapusXI. 1
Junitaa sari
BalasHapusXI 1
Rahmat Repandra
BalasHapusXI.1
Kevin Hardyiansah
BalasHapusXl. I
Rahmad syaputra
BalasHapusXl. I
Nama : Anisa.p
BalasHapusKelas : XI. 1
Muhammad Habiburrahman
BalasHapusXI.1
BalasHapusNama : Realita Gea
Kelas : Xl. 1
Nama : Realita Gea
BalasHapusKelas : XI. 1
Nama : Moses Beladio S
BalasHapusKelas : XI.1
Nama: Doan Rahma Yadi
BalasHapuskelas: XI.I
Nama : Farel Sappe Maulana
BalasHapusKelas : XI.1
Nama : Bernadus
BalasHapusKelas : XI.1
Nama : Grace Heddyrtina Christy Tampubolon
BalasHapusKelas : XI.1
Ozzo Rizky Sadzali
BalasHapusXI.1
Nama:Alferro Halomoan S
BalasHapusKelas:XI.1
nama : chelsea leona fatiah
BalasHapuskelas : 11.1
Raisya Agisca Willya Putri
BalasHapusKELAS : XI.1
Achmad Febriansyah
BalasHapusXI.I
Dzaky Fadhillah
BalasHapusXI.1
Minawati Suryani
BalasHapusXl.1
Indah falenska achiliandra
BalasHapusXl.1
M.LUTHFI ADILAH
BalasHapus11.2
thabita f siregar
BalasHapus11.2
Nadine margaretha
BalasHapusXI.2
dinda naysila
BalasHapus11.2
Jehezkiel Puyu Pratama
BalasHapusXI-2
Lamhot febriansya Hutajulu
BalasHapusXI.2
Gabriel Satrio Sitanggang
BalasHapusXI.2
Arjun Limbong
BalasHapusXI-2
Juan Daniel m
BalasHapusXI.2
ERIF KUSNANDAR
BalasHapusXI.2
ERIF KUSNANDAR
BalasHapusXI.2
Michael Winardo H.
BalasHapusXl.2
Rania Erfa Muyasarah
BalasHapuskelas XI.2
kevin Sihombing
BalasHapuskelas:Xl.2
Bella Novia Br. Munthe
BalasHapusXI.2
Jihan aura jelita XI. 2
BalasHapusYehezkiel Pirnadi S
BalasHapuskelas:XI.2
Khalisa Zainur Rizky
BalasHapuskelas: XI.2
Nur Hasanah
BalasHapusKelas XI.2
Jeni Yanti
BalasHapusXl.2
Maryati Sitompul
BalasHapusXl.2
Indah Pasya
BalasHapusXI.2
I GDE ARYA DUTHA ARTHAVEDA
BalasHapusKELAS XI.2🐊
Naufal Alfathoni
BalasHapuskelas XI.2
Annisa Fitri
BalasHapusKelas XI.5