Senin, 20 Januari 2025

Latihan pendudukan jepang

 

1. Kehadiran Jepang di Indonesia mengakibatkan pemerintah kolonial Belanda terpaksa menyerahkan diri tanpa syarat kepada pasukan Jepang di Indonesia. Peristiwa ini terjadi di Kalijati, Subang, Jawa Barat pada ...

A. 8 Januari 1942
B. 8 Februari 1942
C. 8 Maret 1942
D. 8 April 1942
E. 8 Mei 1942


Jawaban: C. 8 Maret 1942

2. Jargon politik yang dikenal sebagai "Nippon Cahaya Asia, Nippon Pemimpin Asia, dan Nippon Pelindung Asia" terkait dengan organisasi propaganda yang disebut sebagai ...

A. Gerakan Tiga N
B. Gerakan Tiga A
C. Asia Hokokai
D. Asia Raya
E. Putera

Jawaban: B. Gerakan Tiga A

3. Pendudukan Jepang di Indonesia menyebabkan penderitaan bagi rakyat karena Jepang melakukan eksploitasi di bidang ekonomi dan sosial. Pada bulan Maret 1943, pemerintah Jepang membentuk Pusat Tenaga Rakyat (Putera) yang dipimpin oleh empat tokoh terkemuka, yakni Ir. Soekarno, Hatta, Mas Mansyur, dan Ki Hajar Dewantara. Melalui Putera, para pemimpin Indonesia bisa berinteraksi langsung dengan rakyat melalui pertemuan dan media massa yang dikuasai oleh Jepang. Organisasi Putera kemudian dimanfaatkan oleh pemimpin Indonesia dalam perjuangan bangsa karena...

A. Memikat perhatian warga Indonesia untuk mendukung pasukan Jepang dalam perang di Asia Timur Raya.
B. Menggalang semangat nasionalisme serta meningkatkan kepercayaan diri dan martabat bangsa.
C. Menyatukan masyarakat Jawa dalam menghadapi serangan sekutu dalam perang Asia Timur Raya.
D. Merayu kelompok nasionalis sekuler dan intelektual agar turut serta dalam perlawanan terhadap Jepang.
E. Menggerakkan rakyat Indonesia untuk mendukung perang Jepang melawan sekutu.

Jawaban: D. Merayu kelompok nasionalis sekuler dan intelektual agar turut serta dalam perlawanan terhadap Jepang.

4. Saat menguasai Indonesia, Jepang menerapkan sistem autarki, yang berarti sistem ekonomi...

A. Di mana setiap daerah mencukupi kebutuhan perang
B. Kerakyatan
C. Kerja paksa
D. Sosialis
E. Otoriter

Jawaban: A. Di mana setiap daerah mencukupi kebutuhan perang

5. Pendudukan Jepang di Indonesia memberikan dampak di bidang politik, antara lain...


A. Mempertahankan sistem pemerintahan yang sudah ada pada masa Hindia Belanda
B. Membebaskan pembentukan organisasi pergerakan nasional
C. Melarang seluruh rapat dan kegiatan politik
D. Melarang penggunaan bahasa Indonesia
E. Pengerahan tenaga rakyat untuk kepentingan Jepang menghadapi perang dunia kedua

Jawaban: C. melarang seluruh rapat dan kegiatan politik

6. Selain dampak negatif, ada beberapa dampak positif yang dirasakan Indonesia dengan pendudukan Jepang antara lain....

A. Indonesia lebih maju dalam bidang pertanian dan pendidikan
B. Ekonomi Indonesia mengalami peningkatan, terutama bidang perkebunan
C. Dasar-dasar militer yang diberikan Jepang menjadi cikal bakal terbentuknya TNI
D. Sistem autarki dalam bidang ekonomi menjadikan Indonesia berswasembada
E. Para penguasa dan pemerintahan mengenal sistem uang untuk pertama kalinya

Jawaban: C. dasar-dasar militer yang diberikan Jepang menjadi cikal bakal terbentuknya TNI

7. Langkah awal yang dilakukan oleh Jepang untuk menguasai Asia adalah...

A. Menyerang pangkalan militer Amerika Serikat di Pearl Harbour
B. Merebut kekuasaan di Indonesia dari tangan Belanda
C. Menyerang pusat militer di Amerika Serikat
D. Merebut Cina dari tangan Inggris
E. Menguasai wilayah Hongkong

Jawaban: A. menyerang pangkalan militer Amerika Serikat di Pearl Harbour

8. Tujuan pokok pembentukan Jawa Hokokai pada tahun 1944 pada masa pendudukan Jepang
adalah...

A. Membentuk kekuatan militer di kalangan masyarakat Jawa, persiapan Indonesia merdeka
B. Membentuk pasukan berani mati di Jawa, untuk kepentingan pemerintahan Indonesia
C. Menggalang dukungan rakyat untuk berbakti dan rela berkorban demi perang Jepang
D. Menggalang dukungan untuk mewujudkan dan mendukung perjuangan Gerakan Tiga A
E. Mendukung kepentingan ekonomi Jepang melalui pembentukan organisasi

Jawaban: C. menggalang dukungan rakyat untuk berbakti dan rela berkorban demi perang Jepang

9. Tanaman yang wajib ditanam oleh masyarakat Indonesia, khususnya di Jawa pada masa pendudukan Jepang adalah...

A. Jarak dan kapas
B. Tembakau dan kapas
C. Kapas dan padi
D. Cengkih dan padi
E. Padi dan cengkih

Jawaban: A. Jarak dan kapas

10. Saat datang menguasai Indonesia, jumlah tentara Jepang sebenarnya lebih sedikit. Namun mengapa mereka dapat menguasai Indonesia?

A. Jepang memiliki sistem pemerintahan yang baik.
B. Jepang mempunyai organisasi tentara yang solid.
C. Jepang sudah terbiasa mengelola daerah kepulauan.
D. Jepang memanfaatkan penguasa lokal untuk membantu.
E. Bangsa Indonesia mudah diatur dan dikuasai.

Jawaban: D. Jepang memanfaatkan penguasa lokal untuk membantu.

11. Setelah peristiwa Rengasdengklok, Soekarno-Hatta bertemu dengan Nishimura yang menjabat sebagai kepala Urusan Umum Pemerintahan Jepang di Indonesia. Pertemuan tersebut bertujuan....

A. Mendorong pemerintah militer Jepang meringkus gerakan bawah tanah
B. Meminta masukan Jepang mengenai naskah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia
C. Mencegah keterlibatan Jepang dalam proses persiapan kemerdekaan Indonesia
D. Meminta pasukan keamanan Jepang dalam rapat-rapat PPKI
E. Menjajaki sikap Jepang terhadap rencana persiapan kemerdekaan Indonesia

Jawaban: E. Menjajaki sikap Jepang terhadap rencana persiapan kemerdekaan Indonesia

12. Janji kemerdekaan atas wilayah jajahan termasuk Indonesia disampaikan PM Koiso di depan parlemen Jepang pada tanggal 7 September 1944. Keluarnya janji kemerdekaan Jepang bertujuan untuk...

A. Menarik simpati rakyat jajahan agar mendukung Jepang
B. Melakukan dekolonisasi pasca Perang Pasifik
C. Mencegah jatuhnya wilayah jajahan Jepang ke tangan Sekutu
D. Mempersiapkan pembentukan pemerintahan bagi Indonesia
E. Mengakhiri keterlibatan Jepang dalam Perang Pasifik

Jawaban: A. Menarik simpati rakyat jajahan agar mendukung Jepang

13. Sejak mahasiswa, tokoh ini aktif dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia melalui beberapa organisasi seperti Jong Java dan Persatuan Mahasiswa Indonesia di Belkalian. Dia juga berperan dalam membawa Soekarno dan Hatta dari Rengasdengklok serta turut menyusun naskah Proklamasi. Tokoh yang dimaksud adalah ...

A. Mohammad Yamin
B. Mohammad Hatta
C. Soekarno
D. Sutan Sjahrir
E. Achmad Soebardjo

Jawaban: E. Achmad Soebardjo

14. Pemikiran-pemikiran beliau memberi sumbangsih besar terhadap Indonesia. Beliau tergabung dalam BPUPKI dan dikenal sebagai salah satu dari 3 tokoh yang mengusulkan dasar negara Indonesia. Tokoh yang dimaksud adalah ...

A. Mohammad Yamin
B. Mohammad Hatta
C. Soekarno
D. Sutan Sjahrir
E. Suwardi Suryaningrat

Jawaban: A. Mohammad Yamin

15. Setelah kembali dari Rengasdengklok, Sukarno dan Hatta berusaha menemui Jenderal Nishimura untuk menyampaikan rencana proklamasi kemerdekaan Indonesia. Bagaimana reaksi Nishimura pada saat itu?

a. Mendukung secara penuh rencana proklamasi kemerdekaan Indonesia.
b. Melarang secara tegas Soekarno dan Hatta memproklamasikan kemerdekaan.
c. Menghalang-halangi rencana proklamasi kemerdekaan bangsa Indonesia.
d. Menolak menemui Soekarno dan Hatta karena Jepang sudah kalah perang.
e. Tidak secara tegas mendukung atau menolak rencana proklamasi kemerdekaan.

Jawaban: E. Tidak secara tegas mendukung atau menolak rencana proklamasi kemerdekaan.

16. Berita proklamasi kemerdekaan Indonesia sempat disiarkan oleh radio di Surabaya dengan menggunakan bahasa Madura. Alasan mereka melakukan hal ini adalah ....

A. Karena semua penduduk Surabaya berbahasa Madura.
B. Karena bahasa Madura mudah dimengerti masyarakat.
C. Untuk menghindari sensor dari pihak Jepang.
D. Untuk mempercepat penyebaran berita.
E. Agar berita tersebar hingga ke Pulau Madura.

Jawaban: C. Untuk menghindari sensor dari pihak Jepang.

17. Apa tanggapan Jepang terhadap proklamasi kemerdekaan Indonesia?

A. Mereka segera mengakui kemerdekaan Indonesia.
B. Mereka menolak mengakui kemerdekaan Indonesia.
C. Mereka memberikan dukungan penuh terhadap kemerdekaan Indonesia.
D. Mereka mengizinkan Indonesia merdeka dengan syarat tertentu.
E. Mereka tidak mempedulikan proklamasi kemerdekaan Indonesia.

Jawaban: B. Mereka menolak mengakui kemerdekaan Indonesia.

18. Siapakah tokoh yang menjadi pembaca teks proklamasi kemerdekaan Indonesia?

A. Mohammad Hatta
B. Sutan Sjahrir
C. Soekarno
D. Mohammad Yamin
E. Ahmad Subardjo

Jawaban: C. Soekarno

19. Salah satu wartawan kantor berita Domei yang menyerahkan teks proklamasi untuk disiarkan dan disebarluaskan ke seluruh dunia, adalah ...

A. Wikana
B. Sukarni
C. Syahrir
D. Ahmad Subardjo
E. Syahruddin

Jawaban: E. Syahruddin

20. Salah satu peran besar yang dilakukan pers atau para jurnalis dalam peristiwa Proklamasi Kemerdekaan Indonesia, antara lain ...

A. Memastikan berita proklamasi menyebar di sekitar pegangsaan Timur saja.
B. Berusaha menggunakan kantor berita Jepang Domei untuk menyebarkan berita proklamasi.
C. Mencegah berita proklamasi menyebar ke seluruh wilayah RI
D. Berusaha memastikan berita proklamasi tersampaikan ke seluruh Jakarta
E. Memastikan berita proklamasi menyebar ke seluruh Indonesia dan luar negeri.

Jawaban: E. memastikan berita proklamasi menyebar ke seluruh Indonesia dan luar negeri.


49 komentar:

  1. Fatresia Cahyani
    XI.I

    BalasHapus
  2. NAMA : Yohana mahdalena. S
    Kelas : Xl.1

    BalasHapus
  3. Tiara Harianja
    XI. 1

    BalasHapus
  4. Rahmat Repandra
    XI.1

    BalasHapus
  5. Kevin Hardyiansah
    Xl. I

    BalasHapus
  6. Rahmad syaputra
    Xl. I

    BalasHapus
  7. Nama : Anisa.p
    Kelas : XI. 1

    BalasHapus
  8. Muhammad Habiburrahman
    XI.1

    BalasHapus

  9. Nama : Realita Gea
    Kelas : Xl. 1

    BalasHapus
  10. Nama : Realita Gea
    Kelas : XI. 1

    BalasHapus
  11. Nama : Moses Beladio S
    Kelas : XI.1

    BalasHapus
  12. Nama: Doan Rahma Yadi
    kelas: XI.I

    BalasHapus
  13. Nama : Farel Sappe Maulana
    Kelas : XI.1

    BalasHapus
  14. Nama : Bernadus
    Kelas : XI.1

    BalasHapus
  15. Nama : Grace Heddyrtina Christy Tampubolon
    Kelas : XI.1

    BalasHapus
  16. Ozzo Rizky Sadzali
    XI.1

    BalasHapus
  17. Nama:Alferro Halomoan S
    Kelas:XI.1

    BalasHapus
  18. nama : chelsea leona fatiah
    kelas : 11.1

    BalasHapus
  19. Raisya Agisca Willya Putri
    KELAS : XI.1

    BalasHapus
  20. Achmad Febriansyah
    XI.I

    BalasHapus
  21. Dzaky Fadhillah
    XI.1

    BalasHapus
  22. Minawati Suryani
    Xl.1

    BalasHapus
  23. Indah falenska achiliandra
    Xl.1

    BalasHapus
  24. M.LUTHFI ADILAH
    11.2

    BalasHapus
  25. thabita f siregar
    11.2

    BalasHapus
  26. Nadine margaretha
    XI.2

    BalasHapus
  27. Jehezkiel Puyu Pratama
    XI-2

    BalasHapus
  28. Lamhot febriansya Hutajulu
    XI.2

    BalasHapus
  29. Gabriel Satrio Sitanggang
    XI.2

    BalasHapus
  30. ERIF KUSNANDAR
    XI.2

    BalasHapus
  31. ERIF KUSNANDAR
    XI.2

    BalasHapus
  32. Michael Winardo H.
    Xl.2

    BalasHapus
  33. Rania Erfa Muyasarah
    kelas XI.2

    BalasHapus
  34. kevin Sihombing
    kelas:Xl.2

    BalasHapus
  35. Bella Novia Br. Munthe
    XI.2

    BalasHapus
  36. Jihan aura jelita XI. 2

    BalasHapus
  37. Yehezkiel Pirnadi S
    kelas:XI.2

    BalasHapus
  38. Khalisa Zainur Rizky
    kelas: XI.2

    BalasHapus
  39. Nur Hasanah
    Kelas XI.2

    BalasHapus
  40. Maryati Sitompul
    Xl.2

    BalasHapus
  41. I GDE ARYA DUTHA ARTHAVEDA
    KELAS XI.2🐊

    BalasHapus
  42. Naufal Alfathoni
    kelas XI.2

    BalasHapus
  43. Annisa Fitri
    Kelas XI.5

    BalasHapus

Berita Hiroshima dan Nagasaki

 Berita Berita Akhir Jepang