Kelas XI
IPA
Sejarah indo
Soal Sejarah Kelas 11:
1. Tokoh nasionalis yang dipanggil ke Dalat, Vietnam, adalah....
a. Ir. Soekarno, Ahmad Subardjo, dan Moh. Hatta
b. Moh. Hatta, Kasman Singodimejo, dan Sukarni
c. Radjiman Wediodiningrat, Ir. Soekarno, dan Moh. Hatta
d. Radjiman Wediodiningrat, Ahmad Subardjo, dan Ir. Soekarno
e. Moh. Hatta, Wikana, dan Darwis
Jawab : c
2. BPUPKI pada tanggal 7 Agustus 1945 akhirnya dibubarkan dengan alasan....
a. BPUPKI tidak dapat bekerja dengan baik
b. BPUPKI dianggap banyak melakukan penyimpangan-penyimpangan
c. BPUPKI telah berhasil melaksanakan tugasnya
d. tugas BPUPKI digantikan oleh Panitai Sembilan
e. BPUPKI tidak bermanfaat bagi Jepang
Jawab : c
3. Maksud dibentuknya Panitia Sembilan oleh BPUPKI adalah....
a. menambah jumlah anggota BPUPKI
b. untuk membahas hasil sidang I BPUPKI tentang rancangan dasar negara
c. mempercepat proses kemerdekaan Indonesia
d. mempersiapkan materi sidang BPUPKI
e. sebagai penghubung antra BPUPKI dengan Jepang
Jawab : b
4. Berikut ini peranan antara BPUPKI, kecuali...
a. mempersiapkan usaha-usaha ke arah kemerdekaan Indonesia
b. berhasil membentuk Panitia Sembilan yang menghasilkan Piagam Jakarta
c. berhasil menyusun naskah Proklamasi
d. berhasil menyusun rumusan dasar negara
e. berhasil merumuskan UUD negara Indonesia
Jawab : c
5. Pada sidang BPUPKI yang pertama, pembicaraan dipusatkan pada masalah...
a. bentuk negara Indonesia merdeka
b. penyusunan Undang-Undang Dasar
c. perumusan dasar negara
d. menyusun pemerintahan bagi Indonesia merdeka
e. merumuskan pernyataan Indonesia merdeka
Jawab : c
6. Ahmad Subardjo dalam keanggotaan PPKI berperan sebagai....
a. penasihat
b. wakil ketua
c. ketua
d. penghubung
e. wakil pemerintahan Jepang
Jawab : a
7. BPUPKI membentuk Panitia Sembilan yang diketuai oleh....
a. Mr. Moh. Yamin
b. Ir. Soekarno
c. Drs. Moh. Hatta
d. dr. Radjiman
e. Jenderal Terauchi
Jawab : b
8. Untuk mewujudkan tugasnya, BPUPKI harus melaksanakan sidang-sidangnya. Sidang BPUPKI yang pertama beralngsung pada tanggal....
a. 29 Mei – 7 Juni 1945
b. 29 Mei -10 Juli 1945
c. 28 Mei – 2 Juni 1945
d. 28 Mei – 1 Juni 1945
e. 29 Mei – 1 Juni 1945
Jawab : e
9. Pokok pembahasan utama yang berhasil diputuskan BPUPKI selama dua kali sidang adalah....
a. rumusan dasar negara dan pemilihan presiden
b. pemilihan presiden dan pembentukan departemen
c. perumusan UUD dan pemilihan presiden
d. rumusan dasar negara dan UUD
E. teks proklamasi dan Piagam Jakarta
Jawab : d
10. Situasi Jepang pada akhir tahun 1944 mulai terdesak oleh front ABCD, yaitu negara....
a. Amerika – Australia – Jerman
b. Afrika – Australia – Jerman
c. Amerika – Inggris – Cina – Belanda
d. Amerika – Cina – Belanda – Jerman
e. Amerika – Belanda – Italia
Jawab : c
11. Dalam situasi dan kondisi terjepit, Jepang berusaha mengambil hati bangsa Indonesia dengan....
a. memberikan janji merdeka kepada Indonesia di kemudian hari
b. membebaskan para tawanan perang Jepang
c. meningkatkan pahwlawan dan prajurit ekonomi
d. menambah jumlah autarki setiap daerah
e. semua jawaban benar
Jawab : a
12. Maksud Jepang memberi janji kemerdekaan adalah....
a. agar rakyat Indonesia tetap setia kepada Jepang
b. agar rakyat Indonesia tetap tunduk kepada Jepang
c. agar rakat Indonesia selalu menuruti keinginan Jepang
d. agar rakyat tetap bersedia membantu Jepang dalam Perang Asia Timur Raya
e. semua jawaban benar
Jawab : d
13. Peristiwa Rengasdengklok terjadi karena adanya perbedaan pendapat mengenai....
a. penandatanganan naskah proklamasi
b. waktu pelaksanaan proklamasi
c. pembaca teks proklamasi
d. penyerahan tentara-tentara Jepang kepada Sekutu
e. tempat pelaksanaan proklamasi
Jawab : b
14. Ketegangan di Rengasdengklok dapat diakhiri setelah....
a. Jepang mengabulkan permintaan golongan muda
b. dibacakannya proklamasi
c. golongan tua mendapat izin dari Jepang
d. adanya jaminan dari Ahmad Subardjo
e. adanya jaminan dari Laksamana Maeda
Jawab : d
15. Latar belakang terjadinya peristiwa Rengasdengklok adalah....
a. pertentangan para pemuda dengan para pemimpin Jepang
b. pertentangan antara para pemuda dengan golongan tua tentang proklamasi kemerdekaan
c. pertentangan antara pihak Jepang dengan pihak Sekutu
d. Jepang menghalangi persiapan proklamasi kemerdekaan Indonesia
e. para pemuda ingin memproklamasikan kemerdekaan di Rengasdengklok
Jawab : b
16. Tujuan para pemuda menculik Ir. Seokarno dan Drs. Moh. Hatta ke luar kota adalah....
a. memaksa kedua tokoh tersebut untuk memproklamasikan Indonesia
b. menjauhkan keduanya dari pengaruh Jepang
c. memusyawarahkan waktu pelaksanaan proklamasi Indonesia
d. menjaga keamanan kedua tokoh tersebut dari ancaman golongan ekstrem
e. mengangkat kedua tokoh tersebut sebagai tokoh proklamator Indonesia
Jawab : b
17. Keputusan golongan muda alam rapat tanggal 15 Agustus 1945 aalah....
a. kemerdekaan harus dibicarakan dengan golongan tua
b. golongan muda siap untuk melaksanakna proklamasi kemerdekaan
c. kemerdekaan Indonesia harus dibicarakan dengan pihak Jepang
d. kemerdekaan Indonesia adalah hak dan merupakan masalah rakyat Indonesia sendiri
e. mendesak kepada Soekarno dan Hatta untuk segera memproklamasikan kemerdekaan
Jawab : e
18. Untuk mengamankan Ir. Soekarno dan Moh. Hatta golongan pemuda membawanya ke Rengasdengklok dengan alasan....
a. tempat itu sangat keramat dan sulit dijangkau
b. terpencil dari jalan raya antara Jakarta-Cirebon sehingga dapat mengawasi tentara Jepang yang akan datang ke Rengasdengklok
c. di sana banyak pohon-pohon besar dan binatang buas sehingga cukup aman
d. tentara Jepang belum tahu tempat itu sehingga Ir. Soekarno-Moh.Hata tak akan ditemukan tentara Jepang
e. Rengasdengklok tempat khusus yang disiapkan golongan muda untuk menculik Soekano-Hatta.
Jawab : b
19. Tujuan Ir. Soekarno dan Drs. Moh. Hatta menghubungi Somobucho Nishimura setelah kembali dari Rengasdengklok dalam kaitannya dengan Proklamasi Indonesia adalah....
a. mengajak kerja sama untuk melaksanakan proklamasi Indonesia
b. memberikan penjelasan tentang tujuan proklamasi Indonesia
c. menjajaki sikap Jepang terhadap proklamasi Indonesia
d. meminta agar Jepang tidak menganggu pelaksanaan proklamasi Indonesia
e. menuntut Jepang untuk menyerahkan wilayah Indonesia kepada bangsa Indonesia
Jawab : c
20. Fungsi proklamasi kemerdekaan bagi bangsa Indonesia adalah....
a. sebagai jembatan emas untuk mencapai tujuan bangsa
b. sebagai tujuan akhir perjuangan bangsa
c. mengusir semua intervensi asing yang aa di Indonesia
d. menguji semangat perjuangan para pemuda Indonesia
e. mendorong lahirnya semangat juang bagi generasi sekarang
Jawab : a
21. Berikut ini merupakan pernyataan yang tepat tentang proklamasi, kecuali....
a. proklamasi dibacakan di Lapangan ikada
b. penyusunan teks proklamasi dilakukan di rumah Laksamana Maeda
c. proklamasi diawali dengan Peristiwa Rengasdengklok
d. teks proklmasi dibacakan oleh Soekarno
e. konsep teks proklamasi ditulis tangan oleh Soekarno
Jawab : a
22. Proklamasi kemerdekaan RI dikumandangkan ke luar negeri dengan tujuan...
a. untuk mendapatkan bantuan tentara dari negara lain
b. agar tidak diserang negara lain
c. agar diakui kedaulatannya
d. memelopori perjuangan bangsa lain
e. agar kerja sama mengusir penjajah tetap terbina
Jawab : c
23. Peristiwa penting yang menyebabkan tentara Jepang menyerah tanpa syarat kepada Sekutu adalah....
a. kekalahan Jepang dalam perang di Laut Karang
b. jatuhnya kota Tarakan ke tangan Sekutu
c. jatuhnya kota Saigon ke tangan Inggris
d. Hiroshima dan Nagasaki dibom atom Sekutu
e. merosotnya dukungan rakyat jajahan kepada Jepang
Jawab : d
24. Pemimpin pemberontakan PKI Madiun tahun 1948 adalah....
a. Musso
b. Alimin
c. Tan Malaka
d. D.N. Aidit
e. Letkol Untung
Jawab : a
25. Maklumat Pemerintah tanggal 5 Oktober 1945 berisikan pembentukan organisasi ketentaraan yang bernama....
a. Badan Keamanan Rakyat
b. Tentara Keamanan Rakyat
c. Tentara Keselamatan Rakyat
d. Tentara Republik Indonesia
e. Tentara Nasional Indonesia
Jawab : b
26. Demi perkembangan demokrasi, BP-KNIP mengajurkan rakyat untuk mendirikan partai-partai politik sebagai pembuktian bahwa demokrasi rakyat dijamin eksistensinya oleh Pemerintah RI. Hal ini diusulkan dalam sidang BP-KNIP dan disetujui oleh presiden sehingga keluarlah....
a. Dekrit Presiden 5 Juli 1959
b. Maklumat Presiden No. X Tahun 1945
c. Maklumat Presiden No. X tanggal 16 Oktober 1945
d. Maklumat Wakil Presiden tanggal 5 Oktober 1945
e. Maklumat Wakil Presiden tanggal 3 November 1945
Jawab : e
27. Rekonstruksi dan rasionalisasi (Re-Ra) Angkatan Perang pada tahun 1948 dimaksudkan untuk....
a. menghadapi pemberontakan PKI
b. mengurangi beban ekonomi dan meningkatkan mutu angkatan perang
c. meningkatkan mutu angkatan perang dan meningkatan mutu dwifungsi ABRI
d. memecat anggota angkatan perang yang sudah tua
e. memberikan pangkat kepada anggota angkatan perang yang berjasa
Jawab : b
34. Di bawah ini negara yang membantu Indonesia menembus blokade ekonomi Belanda melalui jalur politik adalah....
a. Amerika Serikat
b. Singapura
c. Malaysia
d. India
e. Australia
Jawab : d
35. Pada masa awal pemulihan kondisi ekonomi setelah kemerdekaan, pemerintah RI untuk sementara waktu mengakui mata uang yang berlaku, yaitu....
a. uang Hinda Belanda, uang pemerintah penjajah Jepang, dan ORI
b. uang pemerintah Hindia Belanda, uang NICA, dan ORI
c. uang NICA, uang pemerintahan penjajah Jepang, dan ORI
d. uang pemerintahan Hindia Belanda, uang pemerintahan pendudukan Jepang, dan uang De Javasche Bank
e. Uang pemerintah Jepang, uang De Javasche Bank, dan ORI
Jawab : d
36. Kebijakan pemerintah dalam bidang ekonomi, yakni Rencana Produksi Lima Tahun oleh Menteri Urusan Bahan Makanan pada kabinet Hatta disebut....
a. Plan Kasimo
b. Plan Ir. Surachman
c. Plan Sumitro Djojohadikusomo
d. Plan Ishak Cokrohadisuryo
e. Plan Gerakan Benteng
Jawab : a
37. Maklumat Pemerintah tanggal 3 November 1945 berisi tentang...
a. mempertahankan PNI sebagai partai tunggal Indonesia
b. anjuran berdirinya partai-partai politik di Indonesia
c. mengganti nama BKR menjadi TKR
d. mengubah sistem pemerintahan presidensial menjadi parlementer
e. pemberian kekuasaan sebagai lembaga legislatif kepada KNIP
Jawab : b
38. Penggantian kabinet presidensial menjadi kabinet parlementer pada awal kemerdekaan pada hakikatnya merupakan....
a. tindakan yang sangat tepat pada saat itu
b. tindakan sejalan dengan cita-cita proklamasi
c. upaya yang tepat untuk menyelamatkan negara
d. upaya makar yang dilakukan golongan sosialis
e. tindakan yang menyimpang dari UUD 1945
Jawab : e
39. Dalam kondisi terjepit akibat kekalahannya dari sekutu, Jepang berusaha mengambil hati bangsa Indonesia dengan cara....
a. melaksanakan politik dumping
b. membebaskan para tawan
c. mengenodrkan sikapnya terhadap Indonesia
d. memberi janji kemerdekaan kepada Indonesia
e. memberi kebebasan berpendapat bagi Indonesia
Jawab : d
40. Janji kemerdekaan yang disampaikan oleh Kuiaki Koiso lebih dilatarbelakangi oleh....
a. keinginan Jepang untuk membentuk persemakmuran di Asia
b. wujudk kepedulian Jepang terhadap sesama negara Asia
c. ungkapan terima kasih Jepang kepada Indonesia
d. wujud balas budi Jepang terhadap Indonesia
e. terdesaknya Jepang oleh serangan militer Sekutu
Jawab : e
41. Kuniaki Koiso yang memberikan janji kemerdekaan bagi Indonesia adalah seorang....
a. Panglima Tentara Jepang Asia Tenggara
b. Perdana Menteri Jepang
c. Kaisar Jepang
d. Putra Mahkota Jepang
Jawab : b
Raditya agustiawan hadir
BalasHapusAisyah Deferrinov, kelas X. MIPA. 4
HapusSangat membantu untuk mengulangi kembali pelajaran di rumah
Nama : M. Fadiel Setiawan
BalasHapusKelas : XI MIPA 4
Sangat membantu untuk belajar dirumah
Jadi?
HapusRifqiy Surya Hadi hadir , soalnya bagus dah sama jawabannya ,
BalasHapusJgn gaje kau rifqiy
HapusNama : Regita Disty
BalasHapusKelas : XI MIPA 4
Keren dan mantap buk
ayunita : membantu mengulang kembali pembelajaran di rumah
BalasHapusHarneni : membantu mengulang kembali pembelajaran di rumah
BalasHapusnama : annisa ramadhani
BalasHapuskelas : 11 mipa 4
komentar : mantap buk
Nazhifa Kamilah Rasyid
BalasHapusXI MIPA 4
Sangat positif, saya terbantu dalam mempelajari sejarah dengan web ini
daffa sabrina
BalasHapussebaleh ipa papat
bantu kali
Queen Nobel V
BalasHapusMembantu mengulang kembali pembelajaran dirumah
Nama :Raditya Agustiawan
BalasHapusKelas :XI MIPA 4
ok
Nama:DEFIT DZAKY febrian
BalasHapusKELAS:XI.MIPA 4
Koment:bangus dan baik dalam pelajaran dan lain-lain nya
Pelajaran:bab Indonesia merdeka
NAMA:Revalina arsya
BalasHapusKELAS: XI MIPA 4
pesan: omke buk.menyalaaaa🔥🔥🔥🔥sngat mmbantu kami dalam melatih' belajar di rumah apalagi minim nya punya buku cetak.TETAP ILMU PADII IBUK KUUU🔥😎🤙🏻gacorrr ngenggg🏍️
Defit DZAKY febrian hadir buk
BalasHapusG boleh
HapusAisyah Deferrinov, kelas 11 Mipa 4
BalasHapusSangat membantu, bagus dan mantap
Nama : Djonathan
BalasHapusKelas : XI MIPA 4
Comment : Pokoknya bagus
G boleh
HapusNama:Rezky Agil Pratama
BalasHapusKelas:XI MIPA 4
Mantap
G boleh
HapusAgil jangan main main
HapusNama:Hardianto
BalasHapusKelas:XI ipa 4
comment: hebat buk sangat membantu🔥🔥
Nama : Henry Mangamputua P
BalasHapusKelas : XI MIPA 4
Komentar : Ujian nya pakai soal ini buk, biar ibuk gk report buat" soal 🔥🔥🔥🔥🔥🔥🔥🔥🔥🔥🔥🔥🔥🔥🔥🔥🔥🔥🔥🔥🔥🔥🔥🔥🔥🔥🔥🔥🔥🔥🔥🔥🔥🔥🔥🔥🔥🔥🔥🔥🔥🔥🔥🔥🔥🔥🔥🔥🔥🔥🔥🔥🔥🔥🔥🔥🔥🔥🔥🔥🔥🔥🔥🔥🔥🔥🔥🔥🔥🔥🔥🔥🔥🔥🔥🔥
Nama : SAUL JEPRI
BalasHapusKelas : Xl IPA 4
Komen : semangat terus buk
Saul senang sama sejarah
HapusNAMA:Rio Apriyanto
BalasHapusKelas :11MIPA 4
OK, Terimakasih buk sangat membantu
Nama : Nitami Syirin Nabila
BalasHapusKelas : XI MIPA 4
sangat membantu👍🏻
Nama:Jeremi karistian
BalasHapusKelas:XIMIPA5
Komentar:oke bukk
Nama:Syafira putri nadillah
BalasHapusKelas:Xl.3
Komentar:oke inuk cantik
Nama:Ramona May Theresia.M
BalasHapusKelas:XI.3
komentar:ok rawrr
Nama : Feji Pratama
BalasHapusKelas : XI ipa 3
ABSENSI:12
Sangat bagus dan membantu
Nama: Rangga Candra Pratama
BalasHapusKelas: XI IPA 3
Pembelajaran nya sangat menarik dan tidak membosankan
Nama: olipia XI.3, mantapppp bukkk
BalasHapusNama:Syafira putri nadillah
BalasHapusKelas:Xl.3
Komentar:oke ibuk cantik
Nama:M.Marcos Enjes Pamungkas
BalasHapusKelas:Xl IPA 3.
Absensi:20
Komentar:Mantap buk Nice try🔥
Nama:Tiurma ida sihombing
BalasHapuskelas:Xl.3
Nama: Gracia Mekarsari Pasaribu
BalasHapusKelas:X.7
Absensi:09
Komentar:seruuu Bangettttt 👍🏻👍🏻
Nama: Romauli Tanjung
BalasHapusKelas:X.7
Absensi: 22
Komentar:mudah banget
Nama: Yulia friska
BalasHapusKelas : X. 7
Komentar: sungguh menarik pelajaran nya😘
Nama:Nabil Aulia Pratama
BalasHapusKelas : X.10
Komentar:keren dan sangat menarik
nama ; frendi maulana kelas x .9
BalasHapusnama:Feby dwi putri vinola X.9
BalasHapusnama:Cintya azzahra X.9
BalasHapuskisshi clarissa X.9
BalasHapusNama:Aisyah fahira rahmadani X.9
BalasHapusdavina hana .vs X.9
BalasHapusIory musashi kelas x. 9
BalasHapusRisky Prasetyo X⁹
BalasHapusDesmanto manalu X-9
BalasHapusAgripa samuel X. 9
BalasHapusDavid Wilson pasaribu kelas X9
BalasHapusnama:Dian putriani laoli x.9
BalasHapusDeby eka putri X.9
BalasHapusNama: quinn fathiyyah azzura
BalasHapusKelas: x. 9
Najla Mutia
BalasHapusX.9
Dzaky Fadhillah
BalasHapusXI.1
Farel Sappe Maulana Marpaung
BalasHapusXI.1
Nama : Grace Heddyrtina Christy Tampubolon
BalasHapuskelas : 11.1
Rahmat Repandra
BalasHapusXI.1
Minawati Suryani
BalasHapusKelas: Xl.1
Nama :Rahmad Ramadan
BalasHapusKelas : XI.1
Nama : Zahratul Aulia
BalasHapusKelas : XI.1
Realita Gea
BalasHapusXI.1
Ozzo Rizky Sadzali
BalasHapusXI.1
BERNANDUS
BalasHapusXI.1
Nama: Moses Beladio Sihombing
BalasHapusKelas: XI.1
ALFERRO
BalasHapusXI.1
Nama : kevin Hardiyansah
BalasHapusKelas : XI. I
Nama: Rahmad Syaputra
BalasHapusKelas: XI.1
Nama : Rayhan Kasmanto
BalasHapusKelas : XI.1
Nama : A. Afandi Nasution
BalasHapusKelas : XI.1
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusNama: Elsa Duha
BalasHapusKelas: Xi.3
Hadir Bu... Saya siap belajar Sejarah dengan Gembira Riaaa